Senin, 29 Februari 2016

Perbandingan Fasilitas Interface Delphi 7 dengan Visual Basic 6.0



Dengan seiring berkembangnya teknologi khususnya dibidang pengembangan software (perangkat lunak), banyak kebutuhan manusia yang bergantung pada perangkat lunak. Oleh karena itu yang perlu diperhatikan dari perangkat lunak adalah yang berbasis user friendly ataupun kenyamanan dari software tersebut untuk pengguna (user), baik itu dalam hal tampilan, kemudahan dalam mencari menu, sampai mengenai keakuratan data yang dikelolah dalam software tersebut. Untuk itu dibawah ini ada beberapa penjelasan mengenai software yang berbasis user friendly, yaitu  Borland Delphi 7 & Microsoft Visual Basic 6.0.

Pengertian
Delphi merupakan salah satu program milik Borland yang menggunakan bahasa pemrograman Pascal dalam pengoperasiannya sebagai aplikasi pengembangan perangkat lunak.
Visual Basic atau sering disebut VB merupakan sebuah program aplikasi untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows.



Tampilan
·      Delphi 7
Dilihat dari segi tampilan, Delphi 7 memiliki tampilan yang unik. Dalam menjalankan aplikasi, Delphi 7 tidak menggunakan background sehingga tiap jendela seperti jendela menu bar, jendela project, dll tidak menjadi satu dalam satu aplikasi, melainkan terpisah dan bisa diatur tata letaknya sesuai keinginan user. Ini membuat user bisa melihat secara langsung bagaimana pengaplikasian user interface aplikasi yang dibuatnya. Ini juga membuat Delphi 7 terlihat memiliki tampilan yang lebih berwarna

Namun, bagi pengguna baru, tampilan dari aplikasi ini seringkali membuat bingung karena hal apapun yang berada dibelakang jendela Delphi 7 ini akan tetap tereksekusi ketika user tidak sengaja meng-kliknya.

·      Visual Basic 6.0
Tampilan yang dimiliki VB 6 terbilang biasa saja, karena basis tampilannya sama seperti program aplikasi editor lainnya yang menggunakan satu jendela yang didalam jendela tersebut berisi banyak jendela yang juga bisa diatur tata letaknya seperti Delphi 7 sesuai keinginan user. Ini membuat tampilan pada VB6 terlihat monoton dikarenakan kurangnya penerapan warna-warna pada aplikasi ini.
Namun, penggunaan tampilan konvensional seperti ini membuat VB 6 lebih unggul dibanding Delphi 7 karena bagi para pengguna baru, tidak susah untuk beradaptasi dengan aplikasi ini. Karena tampilan yang digunakan terlihat lebih praktis dan juga membuat user dapat lebih fokus ke lembar kerja dikarenakan VB6 menerapkan background pada aplikasinya.



Fasilitas
·      Delphi 7
1.      Delphi 7 menggunakan menu bar yang sama seperti aplikasi lainnya yang berisi tombol file, edit, search, view, dll yang fungsinya beragam sesuai dengan menu yang dipilih.
2.      Dalam Delphi 7 juga disediakan tool yang fungsinya seperti “Quick Access Toolbar” pada Microsoft Office. Tampilannya sederhana dan berisi beragam icon yang memiliki masing-masing fungsi yang akan sering digunakan user agar lebih efisien.
3.      Salah satu fitur unik lainnya milik Delphi adalah pada toolboxnya. Toolbox yang dimiliki Delphi begitu beragam dan dapat berubah-ubah sesuai dengan pilihan menu bar yang terdapat di atas dari toolbox tersebut. Namun pada pengaturan default, menu bar yang digunakan adalah menu bar ”Standard”.

·      Visual Basic 6.0
1.      Menu Bar milik VB 6 memiliki tampilan yang sama seperti Delphi 7 yakni dengan tampilan yang sederhana dan juga berisi beragam fitur sesuai dengan menu yang dipilih.
2.      Dalam VB 6 juga disediakan fitur quick access seperti pada Delphi 7 sehingga memudahkan user untuk mengakses fitur yang akan sering digunakannya dalam pembuatan project.
3.      Toolbox yang dimiliki VB 6 lebih sederhana dibanding dengan yang dimiliki Delphi 7. Pada VB 6 tidak menggunakan menu bar seperti yang dimiliki Delphi 7 sehingga terasa kurang lengkap.



Properti
·      Delphi 7
Object properties dalam Delphi 7 bernama “Object Inspector”. Fitur ini terbilang cukup lengkap, karena setiap hal yang berhubungan dengan objek tersebut dapat diubah sesuai dengan keinginan user. Dalam toolbox Delphi 7  juga disediakan fitur untuk merubah tiap hal yang berhubungan dengan tulisan, seperti ukuran, jenis font, dll. Fitur ini tidak dapat ditemukan dalam VB 6

·      Visual Basic 6.0
Dalam VB 6, object properties yang dimilikinya tidak jauh berbeda dengan milih Delphi 7. Namun dalam menyesuaikan tampilan tulisan, VB 6 tidak memiliki fitur selengkap Delphi 7 karena VB 6 tidak dapat menyesuaikan ukuran tulisan dari sebuah objek yang dipilih sehingga ukuran tulisan akan selalu sama.

Project
·      Delphi 7
1.      Jendela form yang berfungsi sebagai jendela pembuat interface pada Delphi 7 memiliki tampilan yang sederhana dan berisi titik-titik agar memudahkan user untuk mengatur tata letak komponen yang digunakan.

2.      Jendela coding pada Delphi 7 berfungsi sebagai tempat untuk memasukkan bahasa program ke dalam komponen yang ada pada jendela interface sehingga membuat komponen-komponen pada jendela form berfungsi.

3.      Dalam Delphi 7, terdapat sebuah jendela bernama “Object Treeview”. Fungsinya adalah untuk menampilkan daftar komponen-komponen yang digunakan user dalam satu jendela aplikasi yang dibuat. Komponen-komponen tersebut ditampilkan dalam bentuk diagram pohon sehingga memudahkan user untuk mengedit komponen yang digunakan jika terdapat banyak jendela aplikasi.


·      Visual Basic 6.0
1.      Jendela form yang dimiliki oleh VB 6 tidak jauh berbeda dengan milik Delphi 7. Bedanya hanya pada background aplikasi yang membuat user VB 6 lebih focus ke project dan bukannya ke background.

2.      Jendela coding yang dimiliki VB juga hampir sama dengan yang dimiliki Delphi 7. Namun bedanya terletak pada jendela project yang jika pada Delphi 7 diletakkan menyatu dengan jendela coding.

3.      Jendela project pada VB 6 menampilkan nama project dan juga form yang digunakan dalam tampilan diagram pohon sehingga user mudah menyeleksinya untuk kepentingan coding maupun pembuatan interface.


Debugging
·      Delphi 7
1.      Dalam Delphi 7, jika dalam proses debugging terjadi masalah, program hanya akan memberi tahu ada kesalahan dan tidak memperlihatkan letak dari kesalahan tersebut.

2.      Namun ketika program sudah berhasil tanpa ditemukan eror, maka Delphi 7 akan secara langsung mengeksekusi program yang telah berhasil dibuat.


·      Visual Basic 6.0
1.      Sama halnya seperti Delphi 7, visual basic 6 juga dilengkapi fitur untuk mendeteksi eror pada tiap compile. Namun pada VB 6, daftar kerusakan akan ditampilkan lebih spesifik, yakni dengan memberitahu letak bagian kesalahannya.

2.      Dan sama halnya seperti Delphi 7, ketika coding yang digunakan sudah benar, maka program akan segera menjalankan aplikasi yang telah dibuat tersebut. Dan kecepatan dalam compile itu sama seperti kecepatan compile Delphi 7.



Dilihat dari Aspek IMK :
1.      Usability : setelah membandingkan kedua aplikasi tersebut dapat disimpulkan bahwa VB 6 memiliki desain interface yang lebih mudah dipahami dibanding dengan Delphi 7.
2.      Fungsionalitas : dilihat dari fungsinya, kedua aplikasi sudah dapat dijalankan sesuai dengan fungsinya. Namun Delphi 7 memiliki lebih banyak fitur yang ditawarkan dibanding dengan VB 6.
3.      Keamanan : dalam VB 6, setelah kita menyimpan aplikasi yang telah dibuat, program akan memberikan pertanyaan tentang penambahan pengamanan berupa password. Sedangkan pada Delphi 7 tidak ada.
4.      Efektivitas dan Efisien : Pada VB 6, begitu sedikit fitur yang ditawarkan dibanding dengan Delphi 7. Namun bagi user yang baru saja mendalami OOP, lebih baik menggunakan VB 6 karena walaupun fitur yang disediakan sedikit, namun fitur yang disediakan sudah mencakup semua yang diperlukan sehingga cocok untuk user yang baru belajar.


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com