Senin, 29 Februari 2016

Keterkaitan Interaksi Manusia Komputer (IMK) dengan Konsentrasi Ilmu Lain

Keterkaitan Interaksi Manusia dan Komputer dengan Ilmu Komputer
Ilmu Komputer adalah ilmu sistematis tentang proses algoritmik yang menjelaskan dan mentransformasikan informasi, baik yang berhubungan dengan teori, analisis, desain, efisiensi, implementasi maupun aplikasi. Bidang ini sangat berperan untuk memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem IMK agar dapat membantu kita supaya lebih mudah berinteraksi dengan komputer. Dalam hal ini menyangkut pemilihan program bantu pendukung, bahasa pemrograman, teknik pemrograman, serta bidang ilmu komputer lain seperti pengolahan bahasa alami, struktur data, basis data, dan lain-lain.
Keterkaitan Interaksi Manusia dan Komputer dengan Psikologi
Psikologi merupakan sebuah bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah. Keterkaitan antara IMK dengan Psikologi yaitu seberapa berfungsinya aplikasi tersebut bagi orang lain, karena setiap pengguna mempunyai sifat yang berbeda satu sama lain sehingga perancang sistem interaksi manusia komputer juga harus mempelajari aspek psikologi pengguna untuk dapat memahami bagaimana pengguna dapat menggunakan sifat dan kebiasaan baiknya, menggunakan  persepsi dan pengolahan kognitif serta ketrampilan motorik yang dimilikinya agar dapat menjodohkan mesin dengan manusia untuk mendapatkan kerja sama yang serasi.
Keterkaitan Interaksi Manusia dan Komputer dengan Antropologi
Antropologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Antropologi mempelajari budaya masyarakat tentang cara mereka berkelompok yang masing-masing anggotanya memberikan kontribusi sesuai dengan keahlian di bidangnya. Keterkaitannya dengan IMK contohnya dalam sebuah kelas. Di dalam sebuah kelas, terdapat banyak mahasiswa didalamnya yang memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Ketika dosen memberikan sebuah tugas yang terbilang cukup berat untuk diselesaikan sendiri, dosen tersebut akan menyuruh para mahasiswa untuk membentuk sebuah kelompok yang terdiri dari beberapa mahasiswa. Ketika dalam tahap pengerjaan, mahasiswa akan membagi tugas sesuai kemampuan yang mereka miliki untuk menyelesaikan tugas tersebut sehingga saat tugas tersebut dipresentasikan, akan terlihat karakteristik dari tiap-tiap mahasiswa dalam menyelesaikan tugas tersebut berbeda-beda, karena karena tiap mahasiswa memiliki cara kerja dan kemampuan masing-masing dalam menyelesaikan pekerjaan sehingga tugas yang didapat menjadi bisa lebih ringan dan juga lebih terorganisir.
Keterkaitan Interaksi Manusia dan Komputer dengan Sosiologi
Sebagai sebuah ilmu, sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat di kontrol secara kritis oleh orang lain atau umum. Sosiologi hendak mempelajari masyarakat, perilaku masyarakat, dan perilaku sosial manusia dengan mengamati perilaku kelompok yang dibangunnya. Masyarakat adalah sekelompok individu yang mempunyai hubungan, memiliki kepentingan bersama, dan memiliki budaya. Sosiologi berkaitan dengan studi tentang pengaruh sistem interaksi manusia dengan komputer dalam struktur sosial. Contohnya seperti adanya kekhawatiran sementara tentang akan di PHK-nya mereka atau disingkirkannya para pekerja dari kantor mereka karena adanya otomatisasi kantor. Seperti mesin absen digital yang sudah banyak digunakan di kantor-kantor masa kini. Mesin tersebut mencatat kapan pekerja tersebut datang ke kantor dan juga kapan pekerja tersebut kembali ke rumah. Data tersebut akan disimpan dan akan dipantau dalam kurun waktu tertentu sehingga apabila target kehadiran dan kedisiplinan tiap pekerja tidak tercapai, maka komputer tersebut akan otomatis mencoret nama pekerja tersebut.
Keterkaitan Interaksi Manusia dan Komputer dengan Perancangan Grafis Dan Tipografi
Sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog yang cukup efektif antara manusia & komputer. Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata "desain" bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, "desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru". Sebagai kata benda, "desain" digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.
Keterkaitan Interaksi Manusia dan Komputer dengan Teknik Elektronika
Dalam bidang ini mempelajari banyak sekali aspek yang berhubungan dengan perangkat keras komputer. Dengan kata lain, bidang ini memberikan semacam kerangka kerja yang memungkinkan untuk merancang sistem Interaksi Manusia-Komputer. Teknik-teknik yang dapat digunakan dalam perancangan perangkat keras agar lebih efektif dari suatu produk / program yang dibuat membutuhkan petunjuk manual agar orang yang belum biasa menggunakan produk tersebut bisa mempelajari lebih dahulu sehingga dapat terjadi interaksi yang baik antara orang itu dengan komputer.
Keterkaitan Interaksi Manusia dan Komputer dengan Ergonomik
Ergonomik merupakan ilmu yang menitikberatkan pada pembahasan mengenai manusia sebagai eleman utama dalam  suatu sistem kerja. Maksudnya adalah Ilmu yang berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. Misalnya : pengaturan lampu, bentuk meja dan kursi, kecerahan tampilan, posisi duduk, dan lain sebagainya yang dapat membuat manusai nyaman berinteraksi dengan komputer.
Keterkaitan Interaksi Manusia dan Komputer dengan Linguistik
Linguistik merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Keterkaitannya dengan interaksi manusia dengan komputer adalah agar komunikasi antara user dengan komputer menjadi mudah seperti berinteraksi dengan manusia lain pada umumnya. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai yang berupa suatu bahasa khusus, contohnya seperti bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah, dan lain sebagainya.
Keterkaitan Interaksi Manusia dan Komputer dengan Perancangan Industri
Bidang Ilmu ini membahas tentang produk-produk interaktif. Keterkaitannya dengan interaksi manusia dengan komputer adalah dengan semakin canggihnya teknologi, contohnya seperti dalam teknologi layar tampilan, penggunaan layar sentuh menjadi semakin populer. Penggunaan layar sentuh, beserta teknologi dibelakangnya telah menjadi bahan kajian yang menarik. Begitu juga dengan teknologi jam tangan pintar yang didalamnya disematkan sistem operasi sehingga membuatnya seperti sebuah perangkat komputer yang berada di lingkar pergelangan tangan.





Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa IMK diharapkan dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya. Sehingga seiring berjalannya waktu, pekerjaan manusia akan semakin mudah dan manusia menjadi semakin canggih. Maka dari itu, untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan pemahaman ilmu yang telah disebutkan diatas.

Seiring perkembangan zaman, banyaknya fitur yang disediakan komputer membuat tugas ringan maupun berat bagi manusia dapat dibantu pengerjaannya dengan komputer sehingga membuat manusia menjadi semakin malas. Walaupun semakin canggih teknologi yang berkembang dan semakin dimudahkannya manusia dalam menyelesaikan tugas-tugasnya, tiap manusia seharusnya menjadi lebih produktif dan bukannya menjadi pemalas.











DAFTAR PUSTAKA

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com