Selasa, 10 November 2015

Apa itu Sosial Media?

Kita sering mendengar kata sosmed di dunia nyata maupun di dunia maya. Namun, apakah yang dimaksud sosial media? Pada postingan kali ini, saya akan membahas sedikit tentang sosial media.
Sumber : Google.com

Pengertian Sosial Media
Sosial media adalah sebuah sarana pergaulan sosial secara online di dunia maya. Para pengguna media sosial biasanya berkomunikasi, berinteraksi, berkirim pesan, saling berbagi, dan membangun jaringan di dunia maya/internet.

Sumber : Google.com

Sejarah Sosial Media
Sejarah dari sosial media yaitu dengan ditemukannya papan bulletin pada era 70-an yang memungkinkan untuk berhubungan dengan orang lain menggunakan surat elektronik ataupun mengunggah dan mengunduh perangkat lunak. Namun semua ini dilakukan menggunakan saluran telepon yang terhubung dengan modem.
Lalu pada tahun 1955, lahirlah situs GeoCities yang fungsinya untuk menyewakan penyimpanan data-data website agar website dapat diakses dari manapun (Web Hosting). GeoCities merupakan tonggak awal berdirinya website-website.
Kemudian pada tahun 1997 hingga tahun  1999, mulailah bermunculan berbagai sosial media, contohnya Sixdegree.com dan ClassMates.com. Namun tak hanya itu, pada saat itu juga muncul catatan harian online yaitu Blogger.com yang memungkinkan penggunanya untuk membuat halaman situsnya sendiri sehingga pengguna dari blogger ini bisa memuat hal tentang apapun.
Dilanjutkan pada tahun 2002, didirikanlah sosial media yang paling fenomenal, yakni Friendster. Setelah itu, pada tahun 2003 hingga saat ini mulai muncul berbagai sosial media lainnya dengan berbagai karakteristik dan kelebihan masing-masing seperti LinkedIn, MySpace, Facebook, Twitter, Google+ dan lain sebagainya.

Ciri-ciri Sosial Media:
·         Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja, namun bisa ke banyak orang. Contohnya seperti pesan melalui SMS ataupun internet.
·         Pesan yang di sampaikan bebas tanpa harus melalui suatu Gatekeeper.
·         Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat dibanding media konvensional.
·         Penerima pesan dapat menentukan waktu interaksi.

Kelebihan Sosial Media:
·         Kesederhanaan: Dalam sebuah produksi media konvensional dibutuhkan keterampilan tingkat tinggi dan keterampilan marketing yang unggul. Sedangkan media sosial sangat mudah digunakan, bahkan untuk orang tanpa dasar IT pun dapat mengaksesnya, yang dibutuhkan hanyalah komputer dan koneksi internet.
·         Membangun Hubungan: Sosial media menawarkan kesempatan tak tertandingi untuk berinteraksi dengan  pelanggan dan membangun hubungan. Perusahaan mendapatkan sebuah feedback langsung, ide, pengujian, dan mengelola layanan pelanggan dengan cepat. Tidak dengan media konvensional yang tidak dapat melakukan hal tersebut, media konvensional hanya melakukan komunikasi satu arah.
·         Jangkauan Global: Media tradisional dapat menjangkau secara global tetapi tentu saja dengan biaya sangat mahal dan memakan waktu. Melalui media sosial, bisnis dapat mengkomunikasikan informasi dalam sekejap, terlepas dari lokasi geografis. Media sosial juga memungkinkan untuk menyesuaikan konten untuk setiap segmen pasar dan memberikan kesempatan bisnis untuk mengirimkan pesan ke lebih banyak pengguna.
·         Terukur: Dengan sistem tracking yang mudah, pengiriman pesan dapat terukur, sehingga perusahaan langsung dapat mengetahui efektifitas promosi. Tidak demikian dengan media konvensional yang membutuhkan waktu yang lama.
 
Sumber : Google.com

Sekian penjabaran saya mengenai Sosial Media, semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terimakasih telah mengunjungi Blog AnakUnud!

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com