Sabtu, 28 November 2015

Apa itu ADT?

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas sedikit tentang tipe data yang terdapat dalam pembuatan program. Berikut ulasannya!

Dalam mempelajari pemrograman, kita akan dijumpai dengan istilah ADT. Nah, apakah arti dari ADT? ADT merupakan singkatan dari Abstract Data Type yang merupakan model matematika yang menyempurnakan tipe data dengan cara mengaitkannya pada fungsi – fungsi yang beroperasi pada data yang sedang dijalankan. Jadi, dengan menggunakan ADT, kita dapat meningkatkan simplisitas dengan menyembunyikan representasi data yang tidak perlu di ketahui client. Selain itu dapat meningkatkan fleksibilitas dalam mengubah representasi dari ADT tanpa mengubah interface. Penggunaan ADT pula dapat menyederhanakan proses pemrograman yang terlihat kompleks sehingga program yang kita buat lebih terorganisir.

Pada dasarnya ADT erat kaitannya dengan stack dan juga queue. Stack atau yang biasa disebut dengan tumbukan adalah kumpulan elemen data yang disimpan dalam satu lajur linear. Konsep stack ini adalah last in first out. Sedangkan antrian atau Queue pada dasarnya sama seperti konsep antrian di dunia nyata jadi yang pertama datang akan pertama kali keluar.




Sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat bagi para pengunjung semua. Terimakasih telah mengunjungi Blog Anak UNUD!

1 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com