Kita sering mendengar kata sosmed
di dunia nyata maupun di dunia maya. Namun, apakah yang dimaksud sosial media? Pada
postingan kali ini, saya akan membahas sedikit tentang sosial media.
Sumber : Google.com |
Pengertian Sosial Media
Sosial media adalah sebuah sarana
pergaulan sosial secara online di dunia maya. Para pengguna media sosial
biasanya berkomunikasi, berinteraksi, berkirim pesan, saling berbagi, dan
membangun jaringan di dunia maya/internet.
Sumber : Google.com |
Sejarah Sosial Media
Sejarah dari sosial media yaitu
dengan ditemukannya papan bulletin pada era 70-an yang memungkinkan untuk
berhubungan dengan orang lain menggunakan surat elektronik ataupun mengunggah
dan mengunduh perangkat lunak. Namun semua ini dilakukan menggunakan saluran
telepon yang terhubung dengan modem.
Lalu pada tahun 1955, lahirlah
situs GeoCities yang fungsinya untuk menyewakan penyimpanan data-data website
agar website dapat diakses dari manapun (Web Hosting). GeoCities merupakan
tonggak awal berdirinya website-website.
Kemudian pada tahun 1997 hingga
tahun 1999, mulailah bermunculan
berbagai sosial media, contohnya Sixdegree.com dan ClassMates.com. Namun tak
hanya itu, pada saat itu juga muncul catatan harian online yaitu Blogger.com
yang memungkinkan penggunanya untuk membuat halaman situsnya sendiri sehingga
pengguna dari blogger ini bisa memuat hal tentang apapun.
Dilanjutkan pada tahun 2002,
didirikanlah sosial media yang paling fenomenal, yakni Friendster. Setelah itu,
pada tahun 2003 hingga saat ini mulai muncul berbagai sosial media lainnya
dengan berbagai karakteristik dan kelebihan masing-masing seperti LinkedIn,
MySpace, Facebook, Twitter, Google+ dan lain sebagainya.
Ciri-ciri Sosial Media:
·
Pesan yang di
sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja, namun bisa ke banyak orang. Contohnya
seperti pesan melalui SMS ataupun internet.
·
Pesan yang di
sampaikan bebas tanpa harus melalui suatu Gatekeeper.
·
Pesan yang di
sampaikan cenderung lebih cepat dibanding media konvensional.
·
Penerima pesan dapat
menentukan waktu interaksi.
Kelebihan Sosial Media:
·
Kesederhanaan: Dalam
sebuah produksi media konvensional dibutuhkan keterampilan tingkat tinggi dan
keterampilan marketing yang unggul. Sedangkan media sosial sangat mudah
digunakan, bahkan untuk orang tanpa dasar IT pun dapat mengaksesnya, yang
dibutuhkan hanyalah komputer dan koneksi internet.
·
Membangun Hubungan:
Sosial media menawarkan kesempatan tak tertandingi untuk berinteraksi
dengan pelanggan dan membangun hubungan. Perusahaan mendapatkan sebuah
feedback langsung, ide, pengujian, dan mengelola layanan pelanggan dengan
cepat. Tidak dengan media konvensional yang tidak dapat melakukan hal tersebut,
media konvensional hanya melakukan komunikasi satu arah.
·
Jangkauan Global: Media
tradisional dapat menjangkau secara global tetapi tentu saja dengan biaya
sangat mahal dan memakan waktu. Melalui media sosial, bisnis dapat
mengkomunikasikan informasi dalam sekejap, terlepas dari lokasi geografis.
Media sosial juga memungkinkan untuk menyesuaikan konten untuk setiap segmen
pasar dan memberikan kesempatan bisnis untuk mengirimkan pesan ke lebih banyak
pengguna.
·
Terukur: Dengan sistem
tracking yang mudah, pengiriman pesan dapat terukur, sehingga perusahaan
langsung dapat mengetahui efektifitas promosi. Tidak demikian dengan media
konvensional yang membutuhkan waktu yang lama.
Sekian penjabaran saya mengenai
Sosial Media, semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terimakasih telah
mengunjungi Blog AnakUnud!
0 komentar:
Posting Komentar