Sumber : Google.com |
1.
Instagram
Sumber : Google.com |
Instagram adalah sebuah aplikasi sosial media yang
memungkinkan penggunanya untuk berbagi pengalaman melalui foto maupun video dan
membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial lain termasuk Instagram itu
sendiri.
Perusahaan Burbn, Inc. yang berdiri pada
tahun 2010 hanya berfokus pada pengembangan aplikasi untuk telepon genggam.
Pada awalnya Burbn, Inc. sendiri memiliki fokus yang terlalu banyak di dalam
HTML5, namun kedua CEO, Kevin Systrom dan Mike Krieger memutuskan untuk lebih
fokus pada satu hal saja. Setelah satu minggu mereka mencoba untuk membuat
sebuah ide yang bagus, pada akhirnya mereka membuat sebuah versi pertama dari
Burbn, namun di dalamnya masih ada beberapa hal yang belum sempurna. Versi
Burbn yang sudah final, aplikasi yang sudah dapat digunakan iPhone yang isinya
terlalu banyak dengan fitur-fitur. Sulit bagi Kevin Systrom dan Mike Krieger
untuk mengurangi fitur-fitur yang ada, dan memulai lagi dari awal, namun
akhirnya mereka hanya memfokuskan pada bagian foto, komentar, dan juga
kemampuan untuk menyukai sebuah foto. Itulah yang akhirnya menjadi Instagram.
Fitur-fitur
Instagram
Mengunggah
Foto dan Video
Kegunaan utama dari
Instagram adalah sebagai tempat untuk mengunggah dan berbagi foto maupun video
kepada pengguna lainnya. Foto maupun video yang ingin diunggah dapat diperoleh
melalui kamera ponsel pintar ataupun yang ada di album ponsel pintar pemilik
akun.
Follower dan Following
Sistem sosial di Instagram adalah dengan
menjadi pengikut atau memiliki pengikut di Instagram.
Editor
Instagram mempunyai tool editor yang menjadi tempat bagi para pengguna
untuk memoles foto yang dijepret lewat kamera perangkatnya maupun yang
tersimpan di album ponsel pintar mereka.
Caption
Setelah foto maupun video tersebut
diedit, maka foto akan dibawa ke halaman selanjutnya, dan foto maupun video
tersebut akan diunggah ke dalam Instagram ataupun ke jejaringan sosial lainnya.
Di dalamnya juga berisi fungsi untuk memasukkan judul post atau sering disebut
caption.
Comment, Tagging, Hashtag
Fitur comment digunakan
untuk memberikan komentar pada post yang diunggah oleh pengguna lain. Lalu tag
digunakan untuk memberitahu atau menandai pengguna lain dalah sebuah postingan.
Berbeda dengan tagging, hashtag merupakan sebuah kata kunci sebagai penanda
post agar post tersebut mudah ditemukan.
Geotagging
Dengan Geotag, lokasi para pengguna mengambil
foto maupun video tersebut atau tempat foto maupun video tersebut diunggah
dapat terdeteksi.
Love
Instagram memiliki sebuah fitur “Love” yang
fungsinya sebagai penanda bahwa pengguna lain menyukai foto maupun video yang
telah diunggah.
Activity
Salah satu fitur Instagram
yang fungsinya sama seperti “Notifikasi” pada sosial media lain adalah
Activity. Disini kita dapat melihat hal-hal yang bersangkutan dengan pemilik
akun dan juga hal yang bersangkutan dengan pemilik akun lain yang diikutinya.
Instagram Direct
Pada fitur ini, penggunanya
memungkinkan untuk mengirim pesan, foto, maupun video kepada pengguna lain
secara rahasia.
Share
Ketika ada foto atau video
yang menginspirasi, menarik, atau lucu yang tampil di feeds, kita bisa langsung
membaginya ke lebih dari satu orang. Namun
fitur ini termasuk kurang berguna karena kebanyakan pengguna Instagram
menggunakan fitur tagging.
Explore
Bila sebuah foto ataupun
video masuk ke dalam halaman explore yang merupakan tempat kumpulan dari
foto-foto dan video-video populer di sekitar pengguna pada saat itu.
Penandaan
Post yang Tidak Pantas
Menandai post dengan sebuah bendera berfungsi
bila pengguna ingin melakukan pengaduan terhadap penggunaan Instagram lainnya.
Hal ini dilakukan bila sebuah post mengandung unsur pornografi, ancaman, foto
curian ataupun foto yang memiliki hak cipta.
Private
Account
Akun pengguna yang mengaktifkan fitur ini
akan lebih susah untuk mengetahui isi postnya karena jika mangaktifkan fungsi
ini maka akun tersebut tidak akan terpublikasi secara umum kecuali ke beberapa
orang saja.
Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan
:
Memperindah foto penggunanya,
Bisa berbagi foto maupun video secara
privasi,
Memasarkan produk atau berjualan online,
Menggunaan akun privasi sehingga hanya teman
sang pengguna yang bisa melihat post penggunanya.
Kekurangan
:
Video yang dapat diupload hanya berdurasi maksimal
kurang lebih 15 detik,
Foto-foto yang dipajang biasanya berubah
menjadi ukuran kecil sehingga tidak terlihat jelas.
2. YouTube
Sumber : Google.com |
YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang
memungkinkan penggunanya untuk mengunggah, menonton, dan berbagi video. YouTube
menggunakan teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai
macam konten video. Pengguna yang belum terdaftar hanya dapat menonton
video-video yang telah diunggah oleh pengguna yang telah terdaftar, sementara
pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah yang tak terbatas, dan
juga video yang berisi konten dewasa hanya bisa ditonton oleh pengguna
terdaftar berusia 18 tahun atau lebih.
YouTube didirikan oleh Chad Hurley, Steve
Chen, dan Jawed Karim, yang sebelumnya merupakan karyawan pertama PayPal. Menurut
cerita yang berulang-ulang diterbitkan di media, Hurley dan Chen mengembangkan
ide YouTube pada bulan-bulan pertama tahun 2005 setelah mengalami kesulitan
saat berbagi video pesta makan malam di apartemen Chen di San Francisco. Karim
tidak datang ke pesta dan menolak pesta tersebut pernah terjadi, sementara Chen
berkomentar bahwa ide YouTube tercetuskan setelah pesta makan "tampaknya
diperkuat oleh metode pemasaran yang terpusat pada menciptakan cerita yang
mudah dicerna konsumen".
YouTube memulai proyeknya dengan biaya dari
angel-investor (sebutan untuk investor informal perorangan yang sering
menginvestasikan uangnya ke perusahaan/startup baru) dan memulai karirnya dari
garasi. Butuh waktu 3 bulan bagi mereka untuk merampungkan YouTube hingga akhirnya
YouTube diperkenalkan ke publik pada bulan Mei 2005.
Fitur-fitur
YouTube
Pengunggahan
Semua pengguna YouTube dapat mengunggah video
dengan batas durasi masing-masing 15 menit. Pengguna yang memiliki jejak rekam
baik dengan mematuhi Panduan Komunitas YouTube diizinkan mengunggah video
berdurasi 12 jam, tetapi akunnya perlu diverifikasi (biasanya melalui telepon
genggam).
Video 3D
Video jenis ini dapat ditonton dengan
beberapa cara, termasuk metode anaglif (lensa sian/merah) yang membutuhkan
kacamata khusus untuk mendapatkan efek 3D-nya.
Comment
Pada fitur ini, pengguna aktif dapat
memberikan masukan dan saran kepada pengunggah video melalui kata-kata pada
kolom komentar.
Like dan
Dislike
Ini memungkinkan pengguna terdaftar untuk
memberikan hasil penilaiannya terhadap video yang telah diunggah ke situs
YouTube.
Subscribe
Fitur ini merupakan fitur sosial yang
disediakan oleh YouTube dimana pada fitur ini penggunanya diibaratkan
mengungkapkan rasa ketertarikan mereka dengan akun lain.
Live
Streaming
Live Streaming merupakan fitur yang
disediakan YouTube untuk pengguna mengunggah peristiwa yang sedang berlangsung
dalam bentuk video ke jejaring sosial YouTube.
Putar
Otomatis
Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk
memutar secara otomatis video selanjutnya setelah video sebelumnya selesai
diputar.
Deskripsi
Video
Saat mengunggah video, penggunanya diberikan
beberapa menu yang salah satunya adalah pengisian deskripsi video yang
diunggah. Deskripsi bisa berisi apa saja tergantung dari keinginan pangunggahnya.
Tagging
Tagging disini berfungsi sebagai kata kunci
pada video yang diunggah.
Penandaan
Post yang Tidak Pantas
Baik pengguna terdaftar maupun tidak
terdaftar dapat menggunakan fitur ini. Fitur ini berfungsi untuk melaporkan
video yang berisi konten yang tidak wajar untuk ditayangkan ke publik.
Kelebihan
dan Kekurangan
Kelebihan :
Bisa melihat dan mengupload video yang kita suka,
Sebagai ajang promosi diri,
Bisa memilih kualitas video atau menggunakan fitur
auto jika koneksi tidak stabil,
Setiap video dapat diunduh dengan menggunakan aplikasi
pihak ketiga,
Ada pengelompokkan video jadi terasa rapi.
Kekurangan :
Bisa disalahgunakan penggunanya,
Banyak informasi yang menyesatkan,
Karena terlalu bebas untuk meng-upload jadi banyak
video yang tidak berguna,
Gambarnya tersendat sendat jika koneksi tidak stabil,
Banyak video dengan kualitas buruk,
Tidak cocok untuk pengguna dengan koneksi terbatas.
3. Snapchat
Sumber : Google.com |
Snapchat
adalah aplikasi berbagi pesan berbentuk foto maupun video. Dengan aplikasi ini,
penggunanya dapat mengambil foto, merekam video, menambahkan teks serta
coretan, dan mengirimkannya ke daftar penerima yang ditentukan pengguna. Foto
dan video kiriman pengguna disebut “Snaps”. Pengguna dapat menetapkan batas
waktu tersedianya Snaps mereka. Batasnya antara 1 sampai 10 detik lalu foto dan
video tersebut akan disembunyikan dari perangkat penerima dan dihapus dari
server Snapchat.
Snapchat dibuat oleh tiga orang mahasiswa
dari Stanford University yaitu Evan Spiegel, Bobby Murphy dan Reggie Brown.
Awalnya, ini hanyalah proyek kelas dari Spiegel dan Brown yang diberinama
Picabbo. Untuk mewujudkan aplikasi ini, keduanya mengajak Murphy untuk
bergabung. Picabbo memulai debutnya pada Juli 2011, namun kemudian berganti
nama menjadi Snapchat dan tersedia untuk Android mulai 29 November 2012.
Fitur-fitur
Snapchat
Discover
Discover merupakan fitur konten yang memuat
berita dari berbagai media-media internasional
ternama seperti CNN, MTV, Daily Mail, Yahoo dan lainnya.
Story
Story memungkinkan pengguna untuk menyiarkan
video personal dirinya kepada daftar teman,
video ini bisa dilihat secara terus menerus oleh pengguna dan akan terkirim ke seluruh kontak selama 24 jam sebelum
terhapus.
Snapcash
Ini fitur yang tergolong baru dimana para
pengguna bisa mengirimkan uang pada pengguna lainnya dengan mudah.
Best
Friend
Fitur ini membantu penggunanya menemukan
sahabat atau teman baik di Snapchat.
Filter
Untuk Foto
Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk
mengedit foto maupun video dengan filter-filter yang telah disediakan seperti
Black and White, Sepia, dan juga Negative.
Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan :
Pengiriman pesan
menggunakan gambar maupun video sehingga terlihat lebih ekspresif.
Kekurangan :
Pengunggahan post
yang berisi foto maupun video hanya berdurasi maksimal 10 detik.
4. Vine
Sumber : Google.com |
Vine adalah aplikasi layanan berbagi video
berdurasi pendek yang mengizinkan penggunanya untuk merekam dan mengedit video
selama 6 detik serta dapat diunggah secara langsung ke situs jejaring sosial
Vine maupun beberapa situs jejaring sosial lain seperti Facebook dan Twitter.
Vine dibuat oleh Dom Hofmann, Rus Yusupov,
dan Colin Kroll pada Juni 2012. Perusahaan ini diakuisisi oleh Twitter pada Oktober
2012 dengan penjualan sekitar 30 juta dolar. Secara resmi, Vine diluncurkan
tanggal 24 Januari 2013 sebagai aplikasi gratis untuk perangkat iOS. Pada
tanggal 2 Juni 2013, Vine merilis aplikasinya untuk sistem operasi Android.
Beberapa bulan kemudian, Vine menjadi aplikasi berbagi
video yang paling banyak digunakan. Tanggal 9 April 2013, Vine menjadi aplikasi
yang paling banyak diunduh di iOS App Store dan tanggal 1 Mei 2014, Vine
meluncurkan layanan versi web untuk jelajah video.
Fitur-fitur
Vine
Search
Dengan fitur ini, penggunanya dapat dengan
mudah menemukan video yang ingin mereka cari.
Channels
Fitur ini membuat video-video yang diunggah
ke Vine menjadi lebih tertata karena tiap video yang memiliki tema yang sama
akan dikeompokkan menjadi satu folder.
Feeds
Fitur ini membuat penggunanya mengetahui seluruh
orang yang membuat post pada saat itu.
Loops
Fitur ini fungsinya
sederhana. Fitur ini hanya berfungsi untuk menghitung berapa kali video
tersebut telah diulang pemutarannya.
Trending Tags
Trending tags
berfungsi sebagai kata kunci yang paling sering dicari dalam Vine.
Featured Viners
Berfungsi sebagai
pemberi saran teman yang direkomendasikan dari Vine.
Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan :
Menambah kreativitas
membuat video dalam jangka waktu pendek,
Dapat mengirim pesan
teks yang disertai dengan video,
Dapat disebarluaskan
ke jejaring sosial lain.
Kekurangan :
Durasi video maksimal
yang bisa diunggah sangat singkat, yaitu hanya 6 detik,
Tidak dapat manghapus
video yang telah diposting,
Tidak dapat
mengunggah video yang berasal dari galeri ponsel pintar.
5. Path
Sumber : Google.com |
Path
adalah sebuah aplikasi jejaring sosial pada ponsel pintar yang memungkinkan
penggunanya untuk berbagi berbagai momen. Penggunaan dari Path ditargetkan
untuk menjadi tempat tersendiri untuk pengguna berbagi dengan keluarga dan
teman-teman terdekat. Penggunaan Path berbeda dari jejaring sosial lainnya di
mana hanya pengguna yang telah disetujui yang dapat mengakses halaman Path
seseorang. Status privasi dari aplikasi ini menjadikan Path lebih eksklusif
dari berbagai jejaring sosial yang ada.
Penggalangan dana untuk mendirikian Path
diawali oleh 3 pendiri Path yaitu Dave Morin, Shawn Fanning, dan Dustin Mierau.
Penggalangan dana ini berhasil mengumpulkan beberapa penyumbang di antaranya
Ron Conway, Paul Buchheit, Ashton Kutcher, dll. Pada bulan februari 2011,
perusahaan ini berhasil menggalang dana sebesar $8.5 juta untuk modal dasar
yang berasal dari Kleiner Perkins Caufield & Byers dan Index Ventures serta
Digital Garage dari Jepang.
Pada bulan November dan Desember 2011, Path
meluncurkan beberapa fitur baru dan meningkatkan penggunanya dari 30.000
menjadi lebih dari 300.000 dalam waktu kurang dari 1 bulan. Pada Februari 2012,
perusahaan ini dikritik secara luas karena aplikasi ini mengakses dan menyimpan
kontak yang ada di dalam telepon selular pengguna tanpa persetujuan dari
pengguna sendiri. Dalam sebuah blog yang diunggah oleh CEO Path sendiri,
perusahaan meminta maaf dan menyatakan bahwa Path telah mengubah praktik ini.
Bagaimanapun, pada Maret 2012, perusahaan
mendapatkan permintaan untuk memberikan informasi dari representatif kongres
Henry A. Waxman dan G. K. Butterfield beserta 33 pengembang aplikasi lainnya
yang menanyakan secara detail informasi apa saja yang telah dikumpulkan dari
pengguna Path dan bagaimana mereka menggunakannya. Pada Februari 2013,
perusahaan ini dikenai denda sebesar $800.000 oleh FTC karena menyimpan data
dari pengguna di bawah umur dan diharuskan untuk evaluasi atas kebijakan
privasi setiap 2 tahunselama 20 tahun ke depan.
Fitur-fitur
Path
Profil
Fitur Profil memungkinkan pengguna Path untuk
mengatur tampilan dari halaman Path. Selain dapat mengubah gambar yang menjadi
gambar profil, pengguna juga dapat mengubah gambar dari latar belakang halaman
Path pengguna.
Store
Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk
menambah stiker-stiker yang dapat digunakan dalam pengiriman pesan dan juga
menambah berbagai filter untuk memperindah foto ketika akan diunggah ke Path.
Mengunggah
Foto dan Video
Fitur lain dari Path adalah berbagi foto dan
video di mana pengguna dapat mengunggah foto dan juga video untuk berbagi
dengan pengguna lain. Proses pengunggahan foto dapat melalui proses edit
terlebih dahulu dengan filter foto yang tersedia. Untuk unggahan video, pengguna
dapat mengunggah video dengan batas waktu tertentu. Mengunggah foto dan video
dapat dilakukan dengan mengambil data yang tersedia di dalam ponsel pintar
ataupun mengambil foto dan video baru.
Checkin
Path memungkinkan pengguna untuk membagikan
lokasi berada dengan pengguna lain. Penandaan lokasi dilakukan dengan GPS yang
terdapat di dalam telepon seluler pengguna dan mengakses data dari lokasi yang
tersedia melalui Foursquare.
Musik,
Film, Buku
Pengguna Path dapat membagikan musik yang
sedang mereka dengar, film yang sedang ditonton, atau buku yang sedang dibaca
oleh pengguna sendiri kepada pengguna lainnya. Data dari musik, film, dan buku
dapat diambil dari arsip Path sendiri. Pengguna terlebih dahulu mencari judul
dari lagu, film, dan buku yang diinginkan dan kemudian dipilih untuk dibagikan
dengan pengguna lain.
Mengunggah
Status
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk
mengunggah status yang diinginkan dengan menggunakan huruf serta emoticon yang
ada. Fitur-fitur Path ini dapat dilakukan secara bersamaan dalam satu post.
Tidur
Fitur ini menandakan bahwa si pengguna sedang
tidur. Pada saat mode tidur sedang aktif, pengguna tidak dapat mengakses
halaman Path sebelum tombol bangun ditekan.
Komentar
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk
mengunggah komentar untuk setiap momen dari pengguna lain yang telah menjadi
teman.
Emotikon
pada Postingan
Fitur ini memungkinkan para komenter untuk
mendeskripsikan suasana hatinya pada postingan seorang user dengan hanya
menggunakan emotikon-emotikon yang telah disediakan.
Pengguna
Aktif
Fitur ini memberikan pengguna informasi atas
berapa banyak dari pengguna lain yang telah melihat momen yang diunggah
pengguna.
Kelebihan
dan Kekurangan
Kelebihan
:
Bisa berbagi berbagai momen pada waktu yang bersamaan,
Privasi sangat terjaga,
Memiliki beberapa free filter lenses untuk
memperindah foto,
Memunculkan notifikasi jika ada yang
mengunjungi penggunanya.
Kekurangan
:
Memakan lebih banyak memori karena banyak
fitur yang ditawarkan sehingga tidak cocok digunakan pada ponsel dengan
spesifikasi pas-pasan.
Itu dia berbagai sosial media yang dapat digunakan untuk mengunggah/mengupload video. Tidak hanya mengunggah, kita juga dapat menyaksikan video yang telah diunggah pengguna lain ke salah satu situs tersebut dengan menggunakan akun pada salah satu situs tersebut. Sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca semua. Terimakasih telah mengunjungi Blog AnakUNUD!
Daftar
Pustaka
Instagram
YouTube
Snapchat
Vine
Path
Dapatkan penghasilan lebih dari 70% dari aplikasi chatting ini dan Dapatkan peghasilan dari game, undang teman, iklan, dll.
BalasHapusGRATIS
http://bit.ly/2fnx1W5
https://sistemgratis.blogspot.co.id/2016/11/aplikasi-ini-berbeda-dengan-aplikasi.html
JackpotCity Casino Review - Go to your favourite casino
BalasHapusJackpotCity Casino is 마틴배팅 an 바퀴벌레 포커 online gambling 다파벳 platform that was established in 2020. Its platform has a long 일반인 후방 history of rewarding and rewarding 아프리카 영정 1 players.